[email protected] 0370790801

Wisata Religi Makam Batulayar

  • Wisata Religi

Mengenal Sejarah Unik Makam Keramat Batu Layar, Lombok Barat.

Batulayar Barat, tidak hanya terkenal akan destinasi wisata pantai dan keindahan alamnya yang begitu menawan. Melainkan juga terdapat wisata religi yang kental dengan sejarah perkembangan agama Islam di Indonesia. Salah satu destinasi wisata tersebut yaitu Makam Keramat Batu Layar.

Berlokasi di Kawasan Senggigi, wilayah Desa Batulayar Barat makam ini merupakan tempat peristirahatan terakhir dari tokoh ternama yakni Syekh Sayid Duhri Al Haddad Al Hamdrami, seorang penyebar agama Islam berkebangsaan Baghdad.

Menurut cerita masyarakat, makam ini bukan tempat dikuburkannya jasad tokoh tersebut. Dulunya, saat beliau akan pulang ke negaranya, ia diantar oleh muridnya melalui Pantai Batu Layar. Namun tiba-tiba petir dan hujan lebat datang, dan saat itu syekh tersebut menghilang hanya menyisakan kopiah dan sorban yang akhirnya dimakamkan di Makam Batu Layar. Masyarakat sekitar menjadikan makam ini sebagai makam yang dikeramatkan.
Selain itu, di Lombok pada umumnya terdapat sebuah tradisi unik yang dinamakan sebagai Lebaran Topat. Tradisi tersebut hingga saat ini masih dilakukan oleh Suku Sasak pada seminggu setelah hari Raya Idul Fitri (Syawalan). Jadi, setelah lebaran Idul Fitri mereka akan puasa lagi selama 6 hari, setelah itu mereka akan merayakan lebaran untuk yang kedua kalinya yakni lebaran Topat.

Tradisi ini dilakukan dengan berkunjung ke tempat keramat sembari membawa bekal yang disebut Dulang Pesaji seperti ketupat, opor ayam, plecing kangkung, dan lainnya. Ada yang pergi ke pantai, makam leluhur, hingga makam tokoh ternama seperti pada Makam Keramat Batu Layar. Para peziarah memulai perjalanan dengan mengambil air di sebuah sumur (disebut Lingkok Belek/Lingkok Mas), kemudian selanjutnya berjalan menuju makam untuk berdoa sesuai hajat masing masing. Air yang dibawa dari sumur tadi digunakan untuk membasuh muka di areal makam. Setelah selesai prosesi di makam, selanjutnya menuju pantai untuk berlibur bersama keluarga.

Berikut ini lokasi yang dapat kalian akses apabila mengunjunginya dari Kota Mataram menuju Makam Batu Layar:

https://maps.app.goo.gl/dcKApYkCo3Mg2ANr6

 

(_Muhaedi_Opr Desa)